Perbaiki Skill Komunikasi  

Posted by Pebisnis Sejati in ,

Kemampuan berkomunikasi merupakan tuntutan dunia kerja, apapun bidang yang Anda geluti. Joy Weston dalam bukunya How an Ordinary Woman Can Have an Extraordinary Life menyarankan tujuh hal mengembangkan kemampuan komunikasi.

1. Bertanggung jawab atas apa yang didengar orang lain. Artinya, kita perlu membuat orang mengerti apa maksud kita.

2. Bertanggung jawab atas apa yang Anda dengar. Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan atau membuat interpretasi dari apa yang Anda dengar. Pastikan bahwa Anda paham betul apa yang dimaksud pembicara.

3. Bertanggung jawab atas apa yang ingin Anda ungkapkan. Artinya, sebelum menyampaikannya dalam bentuk kalimat, Anda juga harus yakin dengan apa yang sebenarnya ingin Anda sampaikan.

4. Selaraskan maksud dengan tindakan. Jangan sampai mikir-nya A, tapi prakteknya B. Bingung kan? Integritas Anda dalam hal ini akan dipertanyakan.

5. Dengarkan "kesunyian". Di sini kepekaan Anda untuk menangkap yang tak terucap kata-kata. Misalnya gesture si pembicara. Seringkali hal-hal seperti ini justru lebih banyak bicara ketimbang kata-kata.

6. Terbuka terhadap kritik. Seterbuka sikap Anda terhadap hal-hal positif dan sikap "pro Anda" yang disampaikan orang lain.

7. Bersikap fleksibel dan penuh pertimbangan.

This entry was posted on Monday, April 7, 2008 at Monday, April 07, 2008 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment