6 Signs Your Boss Loves You  

Posted by Pebisnis Sejati in

Atasan senang "menimbun" Anda dengan pekerjaan? Jangan dongkol dulu, bisa jadi itu tanda "sayangnya" pada Anda.

Disengaja atau tidak, favoritisme juga terjadi di dunia kerja. Betapa pun atasan berusaha bersikap fair terhadap semua anak buahnya, ia biasanya punya anak buah favorit. Lalu, apa tanda-tandanya dia suka pada Anda?

1. RAJIN MEMBERI
Tak ada cara paling jitu untuk mengukur kemampuan seseorang selain dari karyanya. Itu pula yang akan dilakukan atasan untuk mengetahui apakah Anda memiliki kualitas yang diharapkannya. Ia mungkin kerap melimpahi Anda tugas baru, atau tugas yang kelihatannya lebih sulit. Jangan buru-buru menganggapnya suka menyiksa. Bisa jadi, ia tengah menguji apakah Anda kuat menghadapi tekanan dan memiliki standar di atas rata-rata. Kalau lulus, Anda bisa "naik kelas".

2. PERHATIAN EKSTRA
Ia mungkin dikenal sebagai atasan yang perhatian ke semua anak buahnya. Tapi pada Anda, perhatiannya terasa istimewa. Ia tak hanya peduli pada hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, tapi juga menaruh perhatian pada hal-hal lain seperti hobi, atau bagaimana Anda menghabiskan waktu di luar pekerjaan.

3. PENUH TOLERANSI
Sikapnya pengertian dan toleran. Ia tampak ringan hati memberikan kelonggaran. Misalnya, izin untuk pulang lebih cepat untuk suatu keperluan mendadak atau memperpanjang tenggat waktu pekerjaan. Ia paham bila Anda sedang dalam kondisi not in the mood. Tapi kepercayaan ini biasanya tidak "jatuh dari langit". Keleluasaannya biasanya terjadi karena Anda memiliki rekor bagus sebelumnya. Jadi, pada prinsipnya izin yang ia berikan bukan gratis.

4. MENDENGARKAN PENDAPAT
Pendapat Anda berharga baginya. Ia selalu merasa perlu melibatkan Anda dalam suatu proses pengambilan keputusan. Bila Anda mengajukan sebuah saran, ia akan memerhatikannya dengan sungguh-sungguh dan mempertimbangkannya.

5. SIAP SEDIA
Ia tak pernah kelihatan terbebani bila Anda datang padanya dengan pertanyaan atau membutuhkan arahannya. Ia akan membantu Anda semampunya. Bahkan ketika Anda datang padanya pada waktu yang kurang tepat atau ia belum bisa memberikan jawaban, ia akan menjanjikan Anda kesempatan lain dan datang memenuhi janjinya.

6. MEMUJI TERANG-TERANGAN
Ada beberapa alasan mengapa atasan tak segan melontarkan pujian kepada bawahannya secara terang-terangan. Pertama, ia tipe atasan yang paham bahwa setiap orang butuh dan suka dihargai. Kedua, dengan melontarkan pujian secara terbuka pada seseorang, ia sekaligus ingin merangsang orang lain untuk bekerja lebih baik dan mendapatkan pujian pula atas prestasinya. Ketiga, ia memang menyukai Anda. Tak ada alasan paling kuat untuk memuji orang lain kecuali kita menyukainya, bukan?

This entry was posted on Tuesday, June 10, 2008 at Tuesday, June 10, 2008 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment