"Me Time" Management  

Posted by Pebisnis Sejati in ,

Anda perempuan yang bekerja? Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda meluangkan waktu untuk bersantai, membaca buku, rekreasi bersama keluarga, atau hang out bersama teman-teman. Apakah sudah lama sekali atau bahkan Anda lupa kapan itu? Wah wah, itu berarti keseimbangan hidup Anda antara bekerja dan kegiatan pribadi sudah tidak lagi seimbang.

Hati-hati! Keseimbangan dalam kehidupan kerja Anda sangat penting. Berikut tip yang bisa membantu Anda menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi Anda.

1. Pahami apa yang benar-benar menjadi perhatian utama bagi Anda dalam hidup.

Temukan prioritas yang jelas dalam hidup Anda. Yang terpenting di sini adalah memahami apa yang Anda inginkan untuk menjadi prioritas Anda, bukan apa yang Anda pikir 'apa yang seharusnya'.

Coba buat poin-poin dari pertanyaan di bawah ini:
1. Jika hidup Anda harus difokuskan pada satu hal dan hanya satu hal, apakah itu?
2. Jika Anda boleh menambahkan hal kedua, apakah itu?
3. Yang ketiga?
4. Yang keempat?
5. Yang kelima?

2. Hentikan aktivitas yang tidak penting.

Dengan membuat daftar yang konkret mengenai apa yang benar-benar menjadi perhatian Anda, Anda mungkin akan menemukan bahwa banyak kegiatan yang Anda lakukan yang sebenarnya bukan menjadi prioritas Anda, dan Anda bisa mengatur kembali jadwal Anda. Jika Anda melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak penting, maka Anda akan menjauh dari hal-hal yang menjadi prioritas Anda.

3. Jagalah waktu pribadi Anda.

Jagalah waktu pribadi Anda dan jangan biarkan pekerjaan atau hal-hal lain mengganggu. Berhentilah mengecek email dan hp terlalu sering. Jika pekerjaan Anda anggap mengganggu waktu pribadi Anda, cobalah untuk mendiskusikan jadwal yang cocok dengan atasan Anda. Tunjukkan bahwa Anda bisa melakukan pekerjaan yang sama atau bahkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat. Melindungi waktu pribadi Anda seringkali mengantarkan Anda pada 'kepuasan yang lebih besar baik pada kehidupan kerja dan kehidupan pribadi, produktivitas yang lebih baik, dan lebih kreatif.

4. Terimalah batuan.

Percayakanlah beberapa pekerjaan kepada partner, anggota keluarga, atau teman-teman. Misalnya, mintalah kepada siapapun yang dapat mengawasi anak-anak atau melakukan beberapa hal ketika Anda sedang fokus pada prioritas utama Anda lainnya.

5. Rencanakan hal yang menyenangkan dan santai.

Melakukan hal yang menyenangakan dan santai juga penting untuk menjadikan hidup yang baik dan seimbang. Lakukan apa yang bisa membuat Anda merasa senang dan santai, misalnya, mengambil kursus gitar, kelas yoga, kencan dengan pasangan, atau lakukan apa yang menjadi hobi Anda.

This entry was posted on Wednesday, April 2, 2008 at Wednesday, April 02, 2008 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment