Rencanakan Keuangan, Rencanakan Masa Depan  

Posted by Pebisnis Sejati in , ,

Hobi kebanyakan perempuan adalah pergi berbelanja, bahkan tanpa kita sadari gaji kita setengah bulan sudah habis, ludes hanya untuk beberapa model pakaian atau sepatu. Hasilnya, tidak ada lagi sisa uang untuk ditabung. Memang jika dibandingkan dengan pria, perempuan cenderung lebih sulit menabung dan berinvestasi. Kita, sebagai perempuan, harus siap menghadapi segala situasi sendiri termasuk masalah keuangan. Apa jadinya jika suatu saat suami kita meninggal atau terpaksa harus bercerai, tanpa kita bisa mandiri secara finansial? Oleh karena itu, rencanakanlah keuangan Anda mulai dari sekarang! Bagaimana caranya? Nah, berikut ada beberapa tip untuk Anda dalam membuat finansial Anda lebih matang dan mandiri.

  1. Buatlah financial goal Anda. Bagi kebanyakan perempuan mengumpulkan kekayaan itu tidak penting, yang penting adalah apa yang bisa kita dapatkan sekarang. Apakah kita bisa membeli pakaian dengan model terbaru itu, atau berbelanja di departement store yang sedang diskon gede-gedean, atau hang out dengan teman-teman. Itulah yang menyebabkan perempuan tidak bisa menabung. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menentukan financial goal Anda.
  2. Biasakanlah diri Anda mandiri secara finansial. Walaupun biasanya perempuan yang mengatur keuangan sehari-hari dalam keluarga, tapi kebanyakan perempuan membiarkan rencana keuangan jangka panjangnya diatur oleh suami. Itu adalah sebuah kesalahan. Usahakanlah untuk tidak tergantung secara finansial dengan suami atau orang lain. Setiap pernikahan bisa saja berakhir kapanpun, apakah itu karena perceraian atau kematian. Dan seringkali karena hal tersebut, perempuan dikesampingkan.
  3. Belilah rumah Anda sendiri. Kebanyakan perempuan mendambakan pangeran yang akan membawa mereka pada sebuah rumah idaman. Tidak! Lebih baik jika Anda bisa membeli rumah Anda sendiri secepat mungkin, saat Anda belum menikah. Rumah merupakan investasi terbaik yang bisa Anda buat untuk masa depan Anda.
  4. Menabunglah untuk masa pensiun Anda. Memang, mungkin bagi Anda perempuan muda, pensiun tampaknya masih jauh diawang-awang. Namun bagi mereka yang masa pensiunnya sudah diambang mata, tampaknya tidak akan mungkin mengumpulkan uang untuk pensiun.
  5. Buatlah rencana jangka panjang. Biasanya, perempuan tidak benar-benar peduli pada masalah keuangan, sampai mereka kehilangan pekerjaannya, kehilangan suami, atau hampir pensiun. Kebanyakan perempuan, mungkin Anda salah satunya, hidup dengan cara gali lobang-tutup lobang. Gaji mereka dalam sebulan akan habis dalam bulan itu juga. Itulah sebabnya mengapa rencana jangka panjang sangat diperlukan, untuk mengatasi manajemen krisis yang selama ini Anda lakukan.
  6. Mulailah berinvestasi. Banyak orang yang selalu mengulur-ulur waktu untuk mulai berinvestasi. Jika pria menunda investasi karena mereka mempunyai sesuatu yang harus didahulukan, sedangkan pada perempuan, menunda investasi karena mereka takut kalau mereka akan membuat kesalahan. Solusinya adalah paling tidak lakukanlah satu langkah ke depan, cobalah berinvestasi walaupun dalam jumlah yang sedikit.
  7. Jangan takut akan risiko. Terkadang, bermain aman tidak sungguh-sungguh aman dan pintar. Jika Anda ingin uang Anda bertambah, itu artinya Anda harus siap menghadapi inflasi dan pajak. Gambarannya seperti ini: perempuan memandang uang sebagai danau, sedangkan pria memandang uang sebagai sungai, yang terus berubah. Artinya, perempuan takut mengambil risiko. Mulailah pelajari apa yang Anda takutkan, carilah informasi sebanyak-banyaknya, dan mulailah mengambil risiko, walaupun itu hanya sedikit saja. Yang harus Anda perhatikan adalah, jangan pernah taruh uang Anda pada sesuatu yang tidak Anda mengerti.
  8. Jangan lakukan itu sendiri. Cobalah bekerjasama dengan ahli keuangan profesional untuk mendapatkan hasil yang baik dan terpercaya!
  9. Carilah orang yang bisa mendukung emosional Anda, jika Anda merasa perlu. Ketika Anda berkutat dengan masalah keuangan yang rumit, Anda pasti membutuhkan dukungan moril. Dukungan itu bisa berasal dari teman Anda, keluarga, atau kelompok yang khusus menangani masalah keuangan.
  10. Lebih percaya dirilah dalam negosiasi gaji. Kebanyakan perempuan merasa tidak perlu bernegosiasi dengan gaji mereka. Mereka menganggap jika mereka melakukan pekerjaan mereka dengan baik, maka gaji mereka akan juga naik. Padahal, tidak begitu! Pelajaran untuk Anda: negosiasilah sejak awal.
  11. Keluarlah dari zona nyaman keuangan Anda. Walaupun itu berarti Anda harus menyisakan lebih banyak uang disamping kebutuhan anak Anda, atau anggaran belanja Anda, atau bahkan ketika Anda harus bertanya pada atasan Anda untuk kenaikan gaji, itu semua akan membawa Anda pada perubahan. Dan alasan mengapa hanya sedikit perempuan yang memiliki kesuksesan dalam bidang keuangan adalah mereka tidak suka merasa tidak nyaman.
  12. Tidak pernah ada kata terlambat! Kesalahan yang sering dilakukan adalah bahwa kita sering merasa bahwa itu sudah terlambat, padahal memulai merencanakan keuangan tidak pernah ada kata benar-benar terlambat. Kapanpun itu, mulailah menabung atau berinvestasi!

Bagaimana? Tidak terlalu sulit kan untuk memulainya? Mulailah dari sekarang, jangan tunda! Karena masa depan Anda tergantung juga pada bagaimana Anda mengatur hidup Anda hari ini.

This entry was posted on Wednesday, April 2, 2008 at Wednesday, April 02, 2008 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment